Banner Home

Top Banner

Monday, January 28, 2013

Pepaya Obat Alami Wasir

Siapa yang tak kenal pepaya ?



Buah dengan bentuk yang khas, berwarna hijau ketika masih muda dan kuning jingga ketika masak ini digemari orang karena rasanya yang manis. Buah pepaya berasal dari luar Indonesia, tepatnya dari Mexico kemudian menyebar ke seluruh daratan beriklim tropis melalui media persemaian biji.

Dari jaman dahulu, pepaya sudah menjadi obat turun temurun untuk masalah gangguan pencernaan yang nanti ujung-ujungnya bisa menjadi salah satu penyakit atau kelainan yaitu wasir. Buah pepaya terutama yang sudah masak memiliki banyak kandungan gizi, diantaranya Provitamin A, Vitamin B, Vitamin C, karotenoid, likopena, mineral-mineral, dan serat. Selain itu juga mengandung senyawa fitokimia yaitu macam-macam fenol alami yang terkenal sebagai antioksidan. Gabungan dari senyawa tersebut sangat ampuh dalam memperbaiki kondisi tubuh pada saat tidak sehat.

Dalam 100 gram pepaya matang, mengandung gizi sebagai berikut

Untuk membantu mengobati wasir, konsumsi pepaya yang sudah matang, buang bijinya sampai bersih ( jangan sampai termakan karena bersifat pedas dan dapat melukai wasir ). Pepaya dapat dimakan sebanyak anda suka, paling tidak 100 gram per hari, lebih dari itu juga boleh.

Hindari pepaya muda karena kurang baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan alergi, iritasi, dan bahkan keguguran pada wanita hamil.

Konsumsi pepaya yang berlebihan selain dapat menyebabkan pencernaan lancar juga dapat menimbulkan " Karotenemia ". Karotenemia bukan penyakit tetapi efek dari tubuh ketika menyimpan banyak senyawa karotenoid ( senyawa yang menjadi bahan dasar beta-karoten atau vitamin A ). Gejala ini tidak berbahaya, hanya saja membuat warna kulit menjadi kekuningan dan akan hilang jika konsumsi pepaya dikurangi atau dihentikan.

Jadi, tunggu apa lagi, selain harganya yang murah, lezat, dan bergizi tinggi, pepaya memiliki banyak khasiat termasuk mengobati wasir. Selamat mencoba

Sumber : Wikipedia , FDA

No comments:

Post a Comment

Pop Up

Sebelum masuk silahkan...! close

Ads promo :