Banner Home

Top Banner

Monday, January 28, 2013

Gejala Wasir

Setelah mengetahui sekilas mengenai wasir secara umum pada artikel sebelumnya, sekarang akan dibahas mengenai gejala dari wasir atau hemorrhoid baik dalam ( internal ) maupun luar ( eksternal )

Anda perlu waspada jika mengalami gejala-gejala berikut, bisa jadi itu adalah gejala dari wasir.

Hemorrhoid internal dan eksternal
Ilustrasi Wasir Eksternal dan Internal
  1. Wasir bisa mengeluarkan darah. Terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk ataupun tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Lama kelamaan wasir dapat menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan darah yang berat atau anemia sehingga memerlukan transfusi darah ( namun hal ini jarang terjadi ).
  2. Muncul daging atau tonjolan dari dalam anus. Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.
  3. Keluar lendir dari anus. Kadang-kadang, wasir bisa juga menyabakan keluarnya lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Perut terasa mau jebol karena banyak tinja yang tertahan akibat takut mengalamai rasa sakit saat buang air besar.
  4. Timbul rasa gatal pada anus. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien, dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani.
  5. Nyeri pada bagian tulang belakang. Ada juga yang mengalami rasa sakit di bagian tulang belakang bagian bawah. Biasanya, gejala itu di alami oleh penderita yang sudah pada ambeien stadium 2.
Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Pop Up

Sebelum masuk silahkan...! close

Ads promo :