Banner Home

Top Banner

Monday, January 28, 2013

Penyebab Wasir

Banyak orang tahu penyebab wasir berdasarkan pengalaman mereka sendiri, cerita turun temurun, membaca dari berbagai sumber dan lain-lain. Namun sebenarnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari wasir itu sendiri. Hanya saja ada faktor-faktor tertentu yang dipercayai berperan dalam munculnya wasir, diantaranya,

Penyebab hemorrhoid
Penyebab Wasir
  1. Susah buang air besar. Istilah lainnya adalah konstipasi, suatu kebiasaan buruk dimana seseorang memiliki kebiasaan buang air besar tidak teratur dan feses yang dikeluarkan keras. Penyebabnya macam-macam, mulai dari kurang makan makanan berserat, kurang minum air, konsumsi alkohol, obat, bahkan penyakit tertentu.
  2. Diare. Kebalikan dari konstipasi, diare ternyata juga memicu timbulnya wasir. Diare bisa disebabkan oleh banyak faktor juga, seperti makan makanan pedas, keracunan, senyawa kimia tertentu, bakteri, virus, dan lain-lain.
  3. Kurang Olahraga. Ternyata kurang olahraga menyebabkan pergerakan saluran pencernaan menjadi lambat sehingga terjadi pengerasan feses karena sebagian air akan diserap kembali dalam usus besar.
  4. Sering Mengejan. Mengejan dapat terjadi ketika feses dalam keadaan keras sehingga perlu tenaga untuk mendorongnya keluar dari tubuh. Selain itu, olahraga angkat beban dan pernafasan yang kurang benar juga ikut serta menjadi penyebab mengejan.
  5. Terlalu lama duduk maupun berdiri. Duduk maupun berdiri dalam jangka waktu yang lama tidak dianjurkan. Usahakan untuk melakukannya selang seling dalam interval wakty yang tidak terlalu lama.
  6. Hamil. Selama kehamilan, tekanan dari janin di perut dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemorrhoidal membesar.
  7. Obesitas. Kelebihan berat badan terutama pada area perut menyebabkan hal yang serupa pada kasus kehamilan.
  8. Batuk kronis. Batuk yang diderita selama bertahun tahun ternyata bisa menyebabkan wasir.
Ternyata cukup banyak juga faktor-faktor yang memungkinkan timbulnya wasir. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan antisipasi untuk menanggulai faktor-faktor tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Pop Up

Sebelum masuk silahkan...! close

Ads promo :